Viral Kisah Kakek Berusia 70 Tahun Jualan Semangka Untuk Pengobatan Cucunya

Ilustrasi semangka. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 28 Juni 2022 | 18:25 WIB

Sariagri - Kisah mengharukan kali ini datang dari seorang kakek berusia 70 yang berjualan semangka demi pengobatan sang cucu yang mengidap penyakit kanker. Diketahui sang cucu yang membutuhkan pengobatan kanker itu masih berusia 3 tahun.

Mengutip dari Asia One, Pria bermarga Zhu, biasanya menghabiskan delapan jam sehari mengemudikan sebuah kios traktor di sekitar Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan di Cina tengah sambil menjual semangka seharga 20 yuan atau Rp44 ribu per buah.

Namun, setelah cucunya didiagnosis dengan Neuroblastomas, sejenis kanker yang mempengaruhi jaringan saraf, Zhu menyadari bahwa berjualan semangka dari gerobak tidak mencukupi untuk membayar biaya medis sang cucu yang diperkirakan dokter akan berjumlah lebih dari 600.000 yuan atau Rp1,3 miliar.

Merasa pendapatannya kurang, Xhu kemudian pulang kampung ke Kaifeng, Henan untuk mendapatkan lebih banyak uang dari bertani. Hingga akhirnya ia nekat meninggalkan gerobak semangkanya begitu saja di sisi jalan.

Ia juga meninggalkan catatan di gerobaknya berisikan situasi yang kini ia hadapi. Zhu memasukkan kode QR di kios untuk pembayaran sehingga orang dapat membeli semangka seharga masing-masing 20 yuan.

Tiga hari setelahnya, sang kakek dan keluarga itu terkejut melihat mereka telah menerima sumbangan sebesar 20.000 yuan atau berkisar Rp44,2 juta dari orang asing yang baik hati.

Kemudian beberapa hari berikutnya, sekitar 3.000 orang asing memberikan sumbangan antara 50 dan 2.000 yuan, akhirnya membantu keluarga mengumpulkan 100.000 yuan atau Rp221 juta.

Baca Juga: Viral Kisah Kakek Berusia 70 Tahun Jualan Semangka Untuk Pengobatan Cucunya
Viral Pria Beli Semangka di Kalimantan Seharga Rp70 RIbu Per Buah

"Saya tidak akan pernah melupakan kebaikan dari semua orang asing, dan saya harus berusaha keras untuk menjual semangka terbaik untuk membalas niat baik," kata Zhu.

Cucunya pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu pengobatannya. "Terima kasih telah membantu saya, dan tolong beri tahu kakek saya untuk menjaga dirinya sendiri," ucapnya.

Video Terkait