Yuk Berkunjung ke Samtama, Desa Wisata di Pusat Ibukota

Samtama, desa wisata di pusat Ibukota (PLN)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 28 Juni 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Desa binaan PLN UID Jakarta Raya, Samtama, yang terletak di Jalan Cempaka Jaya RT 10 RW 3 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, telah siap menjadi desa wisata dan menerima kunjungan.

Ada berbagai macam kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sana sambil berkeliling desa, mulai dari belajar pembibitan dan menanam hidroponik, pengolahan sampah, melihat budidaya magot, panen sayuran, membeli souvenir daur ulang sampai menikmati mie sehat dari sayuran hijau.

Penanggung jawab Samtama, Adian Sudiana mengatakan bahwa desa wisata bermula dari kelompok tani yang peduli akan lingkungan terutama permasalahan sampah. Sesuai dengan namanya, Samtama yang merupakan akronim dari sampah tanggung jawab bersama adalah sebuah gerakan masyarakat yang secara sadar bersama menanggulangi masalah sampah di lingkungan. Kemudian Samtama berkembang menjadi sebuah program desa wisata.

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Kemas Abdul Gaffur, mengatakan sangat senang jika lingkungan binaan PLN Peduli bisa semakin maju dan berkembang. Bukan hanya untuk kesehatan lingkungan, tapi juga kemandirian pangan sampai peningkatan ekonomi.

Kuliner olahan pascapanen seperti mie sehat hidroponik bisa dinikmati pengunjung saat berwisata ke Samtama. Aneka olahan sayur lainnya seperti kerupik, bolu, jus, dan kukis juga bisa dinikmati atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kerajinan dari paralon bekas bisa melengkapi cinderamata untuk keluarga atau kerabat.

Baca Juga: Yuk Berkunjung ke Samtama, Desa Wisata di Pusat Ibukota
PLN Kembangkan 104 Desa Wisata di Seluruh Indonesia

"Kami sangat mendukung program desa wisata dan pengembangan UMKM untuk mendorong kemandirian masyarakat, harapannya masyarakat bisa mempunyai ketahanan lingkungan dan ekonomi yang lebih baik," ungkap Kemas.

Bagi pengunjung yang hendak ke Samtama bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Masyarakat Samtama akan siap menerima kunjungan dengan penuh kehangatan dan keterbukaan.

Video Terkait