7 Manfaat Baby Kailan yang Bikin Kamu Auto Bengong

Ilustrasi Sayur Kailan (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 30 Juni 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Baby kailan umumnya dapat disajikan di masakan Cina. Sayuran ini memang asalnya dari Cina dan sudah menjadi makanan khas tradisional negara tersebut.

Ciri khasnya adalah berdaun tebal, warnya hijau tua mengkilap, dengan batang dan bunga berukuran kecil yang mirip dengan bunga brokoli. Tidak heran jika sayuran yang biasanya diolah menjadi tumisan ini dalam bahasa inggris disebut Chinese Broccoli atau Chinese Kale.

Dilansir dari NESFP.org, kailan adalah salah satu sayuran paling bergizi di dunia, dengan kandungan kalsium tertinggi dari makanan apa pun. Selain kalsium, sayur hijau ini juga mengandung zeaxanthin, lutein, vitamin C, vitamin K serta beta-karoten.

Kandungan nutrisi utama tersebut berfungsi sebagai antioksidan sekaligus antiradang. Total kalori dalam 67 gram sayur kailan sekitar 33 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 3 gram protein.

Jika kamu rutin mengonsumsi sayuran hijau segar ini, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh.

1. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Kandungan mineral, vitamin dan kaya akan serat mampu mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah sehingga mencegah penyakit stroke dan jantung.

Selain itu, kailan juga mengandung senyawa zinc yang lebih tinggi daripada daging. Senyawa ini punya fungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, meregenerasi sel dan membantu kinerja jantung.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Sayur kailan mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan dalam darah. Kandungan asam omega 3 dalam sayur ini bisa mengurangi kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya diabetes.

Sayuran hijau ini juga termasuk bahan pangan yang rendah kadar indeks glikemiknya. Sehingga mengonsumsinya secara rutin tidak akan meningkatkan lonjakan kadar gula dalam darah.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Zat hijau daun atau klorofil dalam sayur baby kailan juga punya peran sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Manfaat senyawa ini adalah menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker kandung kemih dan kanker payudara. Mengonsumsi banyak kailan juga memperkaya kandungan vitamin K, zat sulfur dan antioksidan yang berfungsi mengontrol hormon estrogen dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A, C, E dan kalsium merupakan mineral esensial yang diperlukan tubuh dan berfungsi menjaga kesehatan kulit. Terdapat juga antioksidan yang ikut serta membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mempertahakan struktur kulit agar tetap sehat. Selain itu, kandungan riboflavinnya juga berperan untuk meningkatkan kolagen pada tubuh dan menjaga kesehatan rambut.

5. Melancarkan dan Menjaga Saluran Pencernaan

Kandungan serat tinggi yang lebih lama dicerna akan membuat konsistensi feses jadi lebih berat. Hal tersebut memastikan kamu jadi lebih rutin dan lancar saat BAB, sehingga organ pencernaan jadi lebih bersih.

Baca Juga: 7 Manfaat Baby Kailan yang Bikin Kamu Auto Bengong
Deretan Sayuran dan Buah Ini Dapat Melawan Jerawat

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan nutrisi penting lainnya membuat sayuran hijau ini jadi lebih lama dicerna, sehingga kamu tidak mudah lapar. Sayuran ini juga termasuk bahan pangan yang rendah kalori dan gula serta tinggi kandungan air.

Namun pengolahan yang tepat agar tetap sehat adalah dengan cara dikukus, rebus, atau tumis sebentar saja.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Di antara bahan makanan nabati lainnya, kailan termasuk yang paling tinggi kandungan kalsiumnya. Manfaat utama kalsium adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium berperan untuk menjaga struktur gigi dan tulang tetap padat, serta menghindari terjadinya osteoporosis.

Video Terkait