5 Buah Ini Tinggi Air dan Bisa Mencegah Dehidrasi

Ilustrasi biji semangka. (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 30 Juni 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Hidrasi sangat penting untuk kesehatan. Faktanya, tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat.

Terlebih lagi, dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kegagalan organ. Para ahli umumnya merekomendasikan minum beberapa gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan air.

Tetapi meskipun air minum sangat penting, kamu juga bisa mendapatkan air dari makanan. Ada banyak makanan sehat yang dapat menyumbangkan sejumlah besar air untuk tubuh.

Mengutip Healthline, berikut buah yang mengandung tinggi air dan dapat membuat tubuhmu terhidrasi.

1. Semangka

Kandungan air pada semangka sebanyak 92 persen. Semangka sangat sehat dan salah satu makanan paling menghidrasi yang bisa kamu konsumsi.

Sajian 1 cangkir (154 gram) semangka mengandung lebih dari setengah cangkir (118 ml) air. Terdapat beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Buah semangka juga rendah kalori, karena hanya mengandung 46 kalori per cangkir. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah.

2. Stroberi

Kandungan air pada buah stroberi adalah 91 persen. Hal tersebut membuat stroberi menjadi buah yang sangat menghidrasi. Karena sekitar 91 persen berat stroberi berasal dari air, memakannya akan berkontribusi pada asupan air harianmu.

Selain itu, stroberi mengandung banyak serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan. Makan stroberi secara teratur terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

3. Persik

Persik adalah buah yang padat nutrisi dan menghidrasi. Hampir 90 persen dari beratnya adalah air. Buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B dan potasium.

Selain itu, makan buah persik dengan kulitnya juga dapat menyumbangkan antioksidan penangkal penyakit. Kandungan air dan serat buah persik adalah alasan mengapa buah persik sangat mengenyangkan dan rendah kalori.

4. Jeruk

Jeruk sangat sehat dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, beserta serat dan beberapa nutrisi.

Vitamin C dan potasium terdapat pada buah segar ini. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung.

Buah jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 5 Buah Ini Tinggi Air dan Bisa Mencegah Dehidrasi
5 Manfaat Buah Yuzu, Jeruk yang Miliki Aroma Menenangkan

5. Mentimun

Mentimun adalah makanan sehat dan menghidrasi lainnya untuk dimasukkan dalam menu diet. Mentimun hampir seluruhnya terdiri dari air dan menyediakan sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, kalium dan magnesium.

Dibandingkan dengan sayuran kaya air lainnya, mentimun adalah salah satu makanan paling rendah kalori. Hanya ada 8 kalori dalam porsi setengah cangkir (52 gram) mentimun dan kandungan airnya menyegarkan.

Video Terkait