Ini 5 Manfaat Beras untuk Perawatan Kulit

Ilustrasi perawatan wajah. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 30 Juni 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Ketika membicarakan produk perawatan kulit, Korea Selatan kerap menjadi kiblat para pecinta produk kecantikan dan perawatan untuk bagian tubuh ini, apalagi kita sering melihat para figur publik asal Negeri Gingseng itu tampil dengan kulit tampak sempurna dan bercahaya.

Tidak salah bila Korea Selatan menjadi kiblat produk kecantikan, mengingat negara ini seringkali mempopulerkan tren perawatan kulit yang kemudian diikuti oleh banyak negara lainnya.

Salah satu tren perawatan kulit dan kecantikan yang kini banyak digandrungi oleh para pecinta produk kecantikan dan tata rias adalah "Glass Skin", di mana kulit seseorang ditampilkan dengan natural, namun tampak sehat, bening, dan sangat bercahaya seperti kaca memantulkan sinar dan tanpa cela.

Dari sekian banyak kandungan dalam produk perawatan kulit Korea Selatan, beras merupakan komponen terpenting dan dipercaya sebagai salah satu elemen kecantikan yang telah lama digunakan untuk produk kecantikan di Asia. Sejumlah produk perawatan kulit ternama kini juga menggunakan beras, bahkan air beras, sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit mereka.

Dikutip dari laman Health, sejak jaman dahulu kala beras dan air beras sangat populer digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit karena dianggap ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, ditambah beras merupakan bahan pangan pokok masyarakat Asia sehingga sangat mudah untuk didapat.

Berikut ini adalah 5 manfaat beras untuk perawatan kulit dilansir dari Times of India:

1. Menenangkan kulit

Air beras sangat cocok untuk menenangkan kulit sensitif. Sejumlah penelitian terbaru menyebutkan bahwa air beras memiliki kandungan yang mampu menenangkan jerawat, kulit yang teriritasi, dan peradangan kulit lainnya. Pada intinya air beras diklaim cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

2. Mengontrol pori-pori

Jika Anda memiliki pori-pori yang besar, air beras bisa menjadi toner yang sangat baik. Air beras memiliki kandungan yang dapat membantu dalam pembersihan pori-pori dan pengaturan produksi sebum pada kulit, menghasilkan pori-pori yang lebih samar dan bersih.

3. Mencerahkan kulit

Jika Anda memiliki kulit kusam, berjerawat atau warna kulit tidak merata, fermentasi air beras bisa sangat bermanfaat. Ini akan meningkatkan pembentukan kolagen di kulit dan menjadikan kulit lebih kenyal dan bercahaya. Selain itu, fermentasi air beras juga dapat membantu menghilangkan noda pada kulit seperti bekas luka dan bintik-bintik atau pigmentasi.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Beras untuk Perawatan Kulit
Tidak Hanya buat Kulit, Air Beras juga Bagus untuk Rambut Loh!

4. Efek anti-penuaan

Air beras memiliki manfaat untuk mengurangi garis-garis halus serta kerutan yang menyebabkan penuaan pada kulit. Beras juga memiliki manfaat untuk membalikkan tanda-tanda penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

5. Perlindungan dari sinar matahari

Beras juga dipercaya mampu memberikan perlindungan dari sinar UV, sehingga sejak jaman dahulu beras yang dihaluskan dan diberi air berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit. Tepung beras juga sejak jaman dulu digunakan untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang terbakar. Ini juga dapat membantu memudarkan bintik-bintik akibat sinar matahari dan pigmentasi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Video Terkait