6 Jenis Tanaman Cincau yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Ilustrasi tanaman cincau. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 1 Juli 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Minuman cincau begitu populer karena efeknya yang menyegarkan tubuh. Selain cincau hijau, terdapat juga minuman cincau hitam yang mana keduanya sama-sama terbuat dari tanaman cincau.

Namun tahukah kamu bahwa tanaman cincau memiliki enam jenis?  Tanaman yang satu ini juga bisa masuk dalam daftar tanaman di pekarangan rumah. Selain rindang, seseorang juga bisa membuat minuman ini sendiri lho.

Berikut enam jenis tanaman cincau yang bisa ditanam di rumah. 

1. Cincau Hijau

Cincau hijau atau yang bernama Latin Cylea dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang termasuk jenis rambat ini memiliki daun berbentuk hati dan berwarna hijau tua dengan permukaan berbulu halus.

Tanaman cincau hijau ini berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

2. Cuwing

Cincau cuwing atau Tiliacora triandara memiliki daun berwarna hijau tua dengan bunga berwarna kuning. Tanaman rambat ini dapat bertahan di iklim sedang. Selain Indonesia, tanaman ini juga banyak ditemui di Thailand dan Laos yang disebut Bai Yanang.

3. Cincau Perdu

Cincau perdu juga termasuk jenis tanaman cincau yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Tanaman bernama Premna oblongifolia ini mudah ditemukan di Indonesia. Perdunya berbatang agak tebal, daunnya berwarna hijau tua dengan bentuk lonjong, lebar, agak keras dan permukaan luas.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Cincau yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah
Dikira Punah Sejak 1902, Ahli Botani Temukan Anggrek Langka di AS

4. Sumpet Kendi

Daun cincau ini bernama ilmiah Stephania capitata (Blume) Spreng. Tanaman ini dapat ditanam di pekarangan rumah.

5. Cincau Hitam

Cincau hitam juga bisa ditanam di pekarangan rumah dan biasa disebut daun janggelan. Bentuknya lonjong serta berujung runcing, serta tepi daun terdapat bulu dan bentuk daun bergerigi. Cincau hitam berguna untuk kelancaran pencernaan dan mengenyangkan lebih lama.

6. Cincau Hijau Cina

Cincau hijau cina atau Cocculus orbiculatus juga menjadi salah satu tanaman yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Tanaman rambat ini memiliki daun berbentuk hati dengan permukaan licin.

Video Terkait