Yuk Kenali 3 Jenis Bibit Tebu Sebelum Menanamnya

Ilustrasi bibit tebu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 1 Juli 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Tebu termasuk tanaman dataran rendah dan jenis rumput-rumputan. Rasanya begitu menyegarkan jika kita menyesap langsung tebu dari batangnya.

Melansir Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, tebu hanya tumbuh di iklim tropis. Bahan dasar pembuatan gula ini memiliki tiga jenis bibit yang berbeda.

Jika kamu berencana menanam tebu, berikut tiga jenis bibit tebu yang perlu diketahui. 

1. Bibit Setek Pucuk

Bibit setek pucuk merupakan bibit yang diambil dari pucuk tebangan tebu dengan panjang sekitar tiga ruas. Dedaunan yang masih melekat pada pucuk harus dibuang.

Pada bibit setek pucuk yang akan digunakan harus memiliki dua atau tiga mata. Bibit ditanam dengan cara ditidurkan dan ditimbun oleh sedikit tanah. Tunas harus diletakkan di sebelah kiri dan kanan.

Siapkan lubang tanam sekitar 35 cm yang telah dikeringkan terlebih dahulu untuk mengurangi tingkat kemasaman tanah. Setelah itu masukkan tanah guludan sembari diberi sedikit air.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Jenis Bibit Tebu Sebelum Menanamnya
4 Sayuran Ini Mudah Ditanam dan Bisa Dipanen Sekitar Sebulan, Yuk Cobain!

2. Bibit Rayungan

Bibit rayungan merupakan jenis bibit tebu yang sudah tumbuh dan biasanya memiliki dua atau tiga mata. Bibit ini ditanam di lahan dengan kriteria parit keliling 0,7 m dengan kedalama 0,7 m, parit malang dengan panjang 100 m, lebar 0,5 m dan kedalaman 0,5 m serta parit muju dengan lebar 0,7 m dan kedalaman 0,7 m.

Untuk menanamnya di lubang sepanjang 10 m membutuhkan 20 bibit yang ditambah dengan bibit cadangan untuk penyulaman.

3. Bibit Bonggol

Bibit bonggol merupakan bibit tebu yang diambil dari bagian bawah pohon yang baru saja ditebang. Bagian bawah tersebut masih terpendam di dalam tanah. Bibit bonggol biasanya sudah memiliki dua atau tiga mata.

Penanaman bibit bonggol dilakukan dengan agak miring. Waktu yang baik untuk menanamnya adalah Mei, Juni dan Juli.

Video Terkait