Intip Tips Mencuci dan Menyimpan Selada agar Tetap Segar

Ilustrasi selada. (Unsplash)

Editor: Putri - Sabtu, 2 Juli 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Rasanya menyebalkan jika sayuran yang kita miliki berakhir layu atau berlendir sebelum sempat mengolahnya. Artinya, kita harus membuangnya dan rasanya sangat mubazir.

Bagi kamu yang suka sayuran terutama selada, mungkin sedikit bingung bagaimana menyimpannya dengan benar. Karena jika salah menyimpannya, maka akan layu dan tidak menggugah selera.

Mengutip Taste of Home, berikut cara mencuci dan menyimpan selada agar tetap segar.

1. Cara Mencuci

Disarankan untuk mencuci selada segera setelah membelinya. Untuk mencuci selada, pertama-tama singkirkan daun yang rusak, layu, lembab atau berlendir. Kemudian, bilas ringan selada di bawah air mengalir kemudian pelan-pelan keringkan selada dengan handuk kertas.

Jika di tempat penjualannya sudah dicuci, apakah selada harus dicuci lagi? Jawabannya ya. Meskipun selada sudah dicuci sebelumnya, bukan berarti tidak ada kuman yang bertebaran.

2. Cara Menyimpan

Selada membutuhkan kelembapan dan aliran udara agar tetap segar, tetapi terkadang kedua hal itu justru menyebabkan sayuran layu. Untuk menyimpan selada yang masih ada bonggolnya, bungkus selada dengan handuk kertas basah dan masukkan dalam kantong plastik. Simpan di lemari es.

Jika menyimpan daun selada lembaran, keringkan daun selada setelah dicuci, simpan di wadah dan masukkan ke dalam lemari es. Ingatlah bahwa meskipun kamu melakukan semuanya dengan benar, selada yang kamu miliki lama kelamaan akan layu.

Baca Juga: Intip Tips Mencuci dan Menyimpan Selada agar Tetap Segar
Banyak yang Masih Salah, Begini Cara Simpan Tomat Hingga 6 Bulan

Jika kamu masih ingin merasakan renyahnya selada, rendam potongan selada layu dalam air es selama beberapa menit. Kemudian, keringkan seperti biasa.

Jauhkan selada dari buah pir, alpukat, apel, dan tomat karena buah-buah tersebut melepaskan gas saat matang, yang menyebabkan produk lain matang sebelum waktunya.

Video Terkait