Bogor Punya Wisata Baru, Petik Berbagai Jenis Buah Anggur di Kebun

Kebun anggur Anggola Garden di Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. (Ist)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 3 Juli 2022 | 12:30 WIB

Bogor sebagai salah daerah tujuan wisatawan untuk terus berbenah dan menghadirkan wisata baru. Salah satunya wisata petik di kebun anggur milik Anggola Garden di Jalan Sawah Baru, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Di lahan seluas 1 hektare, kebun ini memiliki 10 greenhouse berisi beragam jenis anggur impor. Begitu memasuki areal kebun, pengunjung langsung disuguhi buah anggur menggantung di atas tralis yang merupakan sistem instalasi perkebunan anggur.

Selain itu, Anggola Garden didesign untuk agroeduwisata sehingga setiap hari tetap berbuah. Tidak hanya sebatas display tetapi juga bisa dicicip langsung pengunjung.

Perkebunan anggur ini juga diklaim yang terbesar di Bogor Raya dan salah satu yang terbesar di Indonesia dalam sistem greenhouse.

"Instalasi sistem ini sesuai kebutuhan. Karena kita skala agroeduwisata jadi supaya enak dipandangnya, enak dipanennya, gampang ngurusinnya. Gampang perawatannya menggunakan tralis Y dan I," ujar Pengelola Anggola Garden Ekky Pasmadirja. 

Secara keseluruhan di Anggola Garden terdapat 50 jenis anggur dari berbagai negara. Nantinya dari 50 jenis itu akan dikerucutkan menjadi beberapa jenis anggur unggulan dengan kualitas terbaik dan bisa beradaptasi dengan cuaca Bogor diantaranya dixon, taldun, akademik, ninel, julian, gozv dan tamaki.

"Untuk anggur gozv ini asalnya dari Ukraina, sedang tamaki dari Jepang. Kalau masyarakat awam mungkin agak sukit mengingat namanya. Tapi untuk mudah menyebutnya di Anggola ini ada anggur hijau, anggur hitam, anggur merah, anggur besar, anggur kecil, anggur lonjong," kata Ekky.

Berbeda dengan jenis yang ditemui dipasaran, anggur di Anggola Garden memiliki rasa manis dipadu  tekstur daging crunchy.

Pengunjung bisa langsung menikmati buah anggur fresh dari pohon. Ketersediaan buah anggur di Anggola Garden selalu ada meski jumlahnya tidak sebanyak saat panen raya.

"Untuk produksi (panen) anggur kita dua kali panen dalam satu tahun. Tapi disini kita setting setiap bulan ada buah dan bisa dipanen. Karena disini konsepnya bukan skala produksi kuantitas tapi agroeduwisata jadi harus slelalu ada buah," lanjutnya.

Baca Juga: Bogor Punya Wisata Baru, Petik Berbagai Jenis Buah Anggur di Kebun
Kepunahan Hewan Penyerbuk Pengaruhi Ketersediaan Pangan di Masa Depan

Harga perkilo buah anggur di Anggola Garden di kisaran Rp100ribu langsung bisa dipetik dari pohon. Selain anggur, Anggola Garden ini juga menjual bibit yang bisa ditanam untuk skala rumahan.

"Karena keberadaan Anggola Garden ini sesuai dengan keinginan owner yaitu Bapak Agus Sunandar yang menginginkan disini menjadi kebun percontohan penanaman anggur, pembibitan hingga produksi dengan menggunakan greennhouse. Jadi masyarakat yang datang kesini bisa berwisata sambil belajar berkebun," pungkasnya.

 foto ist

Sariagri -  

Video Terkait