Yuk Cobain 3 Tips Menyimpan Jagung agar Lebih Awet dan Segar

Ilustrasi Tanaman Jagung. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 3 Juli 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Ada begitu banyak cara untuk menikmati jagung manis. Bisa dibakar, dikukus dan dicampur mentega, atau ditumis dengan sayuran lainnya. Masalah dengan jagung adalah ketika membelinya dalam keadaan segar, jagung cenderung cepat kering dan rasa manisnya hilang.

Mengutip Living Southern, berikut cara menyimpan jagung manis agar awet.

1. Simpan di Lemari Es

Semakin lama jagung disimpan, semakin lama jagung akan mengering dan rasanya semakin tidak manis. Jagung paling baik dimakan pada hari yang sama saat dibeli.

Jika tidak memungkinkan, simpan jagung yang belum dikupas di lemari es namun jangan dimasukkan di kantong plastik. Untuk rasa terbaik, gunakan jagung segera dalam dua hari.

Namun jika jagung sudah dikupas, taruh dalam kantong plastik lalu masukkan ke lemari es. Konsumsi segera dalam waktu dua hari. Jika tidak berencana memakan jagung dalam waktu dua hari setelah pembelian, kamu dapat membekukannya.

2. Membekukan Jagung

Cara termudah dan tercepat untuk mengawetkan jagung adalah dengan memasukkannya tanpa memisahkan bulir dengan tongkol. Simpan dalam wadah plastik dan bekukan di freezer.

Jika kamu ingin menggunakan jagung untuk sebagai tumisan atau puding jagung, pisakan bulir jangung tongkolnya sebelum dibekukan. Tempatkan dalam kantong freezer satu lapisan agar jagung membeku sepenuhnya.

Baca Juga: Yuk Cobain 3 Tips Menyimpan Jagung agar Lebih Awet dan Segar
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

3. Rebus dan Bekukan

Didihkan sepanci air dan masukkan jagung (jangan terlalu banyak jagung) dan rebus selama 6 hingga 10 menit, tergantung pada ukuran jagung. Keluarkan jagung dengan penjepit dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air es. Setelah dingin, taruh jagung di atas talenan atau rak pendingin lalu biarkan kering.

Pastikan jagung yang didinginkan benar-benar bebas dari tetesan air, kemas dalam kantong plastik yang aman untuk freezer, dan simpan di dalam freezer.

Video Terkait