Unik! Pohon Pisang Seribu Terus Berbuah, Dipanen Tidak Habis

Pohon pisang unik milik Muhamad Saleh (51), warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Sariagri/Arief L)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

Umumnya dalam satu pohon pisang hanya memiliki satu tandan dengan puluhan buah dari 7-10 sisir. Muhamad Saleh (51), warga Dusun Telaga Sari, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur memiliki pohon pisang unik. Berbeda dengan umumnya, pohon pisang milik Saleh memiliki seribu buah dari ratusan sisir.

Saleh menanam pohon pisang di lahan luas depan rumahnya. Dari belasan pohon pisang raja sereh (Latundan banana), terdapat tiga batang berukuran besar dan berbuah sangat lebat. Ketinggian tiga pohon pisang besar itu hampir 4 meter. Sedangkan tandan pisang yang dihasilkan masing-masing memiliki panjang kisaran 3,5 meter hingga nyaris menyentuh tanah.

“Kalau tinggi pohonnya melebihi orang dewasa, sedangkan tandannya kalau orang masura bilang terus menghasilkan bunga ontong (jantung) hingga buahnya terus memanjang. Ada ribuan buah yang dihasilkan dengan ketinggian sekitar 3,5 meter. Makanya orang sini menyebutnya pisang seribu,” ujar Saleh kepada Sariagri.id, Sabtu (2/7/2022).

Dia menyebut sejak akhir Januari 2022 lalu pohon pisangnya berbuah dan hingga kini masih terus berbunga. Bahkan meski sudah dipanen setiap hari, tetap terus berbuah.

“Karena matangnya tidak bersamaan, maka cara memanennya saya potong per bagian atas saja atau ambil buah pisang yang masak mulai dari atas. Itu saya lakukan tiap hari dan tidak habis sampai hari ini,” terangnya.

Agar tidak roboh, Saleh memberi penopang dari bilah bambu untuk ketiga pohon pisang seribu miliknya. M. Dia mengatakan selain sangat enak dikonsumsi langsung, pisang seribu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan makanan atau kue.

“Ini enak sekali dimakan langsung atau dibuat untuk kue. Selain itu dijadikan olahan kolak atau pisang goreng juga nikmat. Silahkan dicoba atau dicicipi,” katanya. 

Baca Juga: Unik! Pohon Pisang Seribu Terus Berbuah, Dipanen Tidak Habis
Penjualan Mulai Normal, Pedagang Pisang Bira Raup Untung Rp10 Juta

Sariagri - Dia mengungkapkan bibit pohon pisang didapatkan dari kerabat temannya dan ditanam sekitar tujuh bulan lalu. Awalnya dia hanya mendapatkan tiga bibit yang sekarang telah tumbuh besar dan berbuah. Kini jumlah pohon pisangnya sudah banyak seiring dengan bermunculan anakan.

“Pertumbuhannya pohon pisang raja sereh ini sangat cepat. Tidak pernah saya beri pupuk hanya disiram rutin begitu saja. Sekarang di sekeliling batang pohon yang besar ini sudah tumbuh belasan anakannya,” pungkasnya.

 

Video Terkait