Cara Menyimpan Seledri Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Ilustrasi seledri. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 4 Juli 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Seledri merupakan sayuran yang memiliki aroma khas dan cita rasa lezat. Tak heran banyak orang menambahkan seledri pada makanan.

Selain itu, pucuk daun seledri sering dimanfaatkan sebagai hiasan makanan agar terlihat lebih cantik.

Sayangnya, seledri tidak memiliki umur panjang. Jika disimpan di suhu ruangan, sayuran ini menjadi tidak segar lagi. Berikut tips menyimpan seledri agar tahan lama:

1. Pilih seledri segar
Kualitas sangat mempengaruhi daya tahan seledri. Karena itu, saat membeli seledri, pilih yang masih segar dengan ciri-ciri berwarna hijau segar.

Lihat pada bagian batangnya, jika mudah dipatahkan, berarti daun seledri masih renyah. Sebaliknya, jika seledri berwarna kecoklatan atau abu-abu, berarti seledri sudah tidak lagi segar.

2. Bungkus batang seledri menggunakan aluminium foil
Setelah mendapatkan seledri segar, bungkus bagian pangkalnya. Tujuannya menghambat pembusukan karena pembusukan dimulai dari pangkal batang.

Caranya dengan memotong sedikit pangkal batang seledri. Kemudian, bungkus pangkal batang seledri dengan aluminium foil hingga seluruhnya tertutupi.

3. Simpan dalam kulkas
Kulkas memang piranti rumah tangga yang sangat menolong. Simpan seledri di kulkas tanpa mencucinya lebih dulu.

Sebab, hal ini malah membuat seledri menjadi cepat layu. Cukup masukkan seledri kedalam kantong plastik dan beri sedikit lubang udara. Dengan begitu, seledri bisa awet sekitar dua minggu.

4. Rendam dalam wadah
Cara ini terbilang cukup mudah. Rendam batang seledri di dalam air agar tetap lembab dan sebagai asupan nutrisi. Potong sedikit tangkai seledri kemudian tutup plastik bagian daunnya dan simpan.

Baca Juga: Cara Menyimpan Seledri Agar Tetap Segar dan Tahan Lama
Intip Tips Mencuci dan Menyimpan Selada agar Tetap Segar

5. Simpan dalam freezer
Selain kulkas, freezer bisa membuat seledri lebih tahan lama. Karena dalam keadaan beku, aroma seledri akan tersimpan dengan baik. Warna daunnya juga tidak akan berubah.

Namun, daun dan bagian ujung seledri harus dipisahkan dari ruas batangnya. Kemudian, seledri bisa dimasukkan ke plastik dan disimpan dalam freezer.

Video Terkait