Terbesar di Dunia, Ini Teratai Raksasa yang Kuat Menahan Beban Seorang Anak

Teratai raksasa dari genus Victoria di Kew Gardens. (kew.org)

Editor: Dera - Selasa, 5 Juli 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Sebuah teratai raksasa yang tumbuh di Kew Gardens, London, Inggris telah dinobatkan sebagai teratai terbesar di dunia dan merupakan genus baru teratai yang pertama kali ditemukan lebih dari satu abad terakhir. Para ilmuwan di Kew Gardens bekerja dengan para peneliti di tempat asal teratai tersebut di Bolivia untuk menumbuhan teratai raksasa.

Awalnya pada 2016, lembaga Bolivia Santa Cruz de la Sierra Botanic Garden dan La Rinconada Gardens menyumbangkan koleksi benih teratai raksasa yang oleh para ilmuwan Kew Gardens diduga sebagai spesies ketiga teratai raksasa sejak beberapa dekade sebelumnya.

Benih tanaman langka yang diberi nama Victoria boliviana tersebut kemudian berkecambah dan tumbuh di Kew Gardens, sehingga bisa tumbuh berdampingan dengan dua spesies lainnya yakni Victoria amazonica dan Victoria cruziana. Para ilmuwan telah mempelajari DNA dari ketiga tanaman tersebut, dan menemukan bahwa ketiganya memang sangat berbeda.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Plant Science, menunjukkan bahwa spesies baru Victoria boliviana paling dekat hubungannya dengan Victoria cruziana, dan menyimpang sekitar satu juta tahun yang lalu, demikian dilansir theguardian.

Teratai Victoria boliviana memiliki daun yang tumbuh dengan diameter hingga tiga meter di alam liar, karena itu para ilmuwan menobatkannya sebagai teratai raksasa terbesar di dunia. Bunganya yang mencolok berubah warna dari putih menjadi merah muda, dan memiliki tangkai daun berduri.

Rekor tanaman dengan daun terbesar saat ini dipegang oleh La Rinconada Gardens di Bolivia, dengan diameter mencapai 3,2 meter. Tanaman ini ditemukan secara alami di ekosistem perairan Llanos de Moxos.

Spesimen Victoria boliviana  sebenarnya telah berada di herbarium di Kew Gardens selama 177 tahun, dan di herbarium nasional Bolivia selama 34 tahun, tetapi spesimen tersebut dianggap sebagai salah satu dari dua spesies lain hingga akhirnya para peneliti menemukan identitasnya yang baru.

Baca Juga: Terbesar di Dunia, Ini Teratai Raksasa yang Kuat Menahan Beban Seorang Anak
Australia Temukan Fosil Buah Berusia 30 Juta Tahun



Rumah teratai di Kew Gardens dibuka pada tahun 1852, dan dibangun untuk menampung tanaman raksasa yang ditemukan oleh para penjelajah di lembah Amazon.

Bunga teratai raksasa Victoria menarik banyak orang yang mengagumi daunnya yang besar dan melingkar, dan cukup kuat untuk menopang berat seorang anak.

Video Terkait