Panen Bawang Merah di Lahan Bantaran Sungai Citarum

Warga dan satgas Citarum Harum panen bawang merah di bantaran Sungai Citarum. (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Minggu, 18 April 2021 | 06:00 WIB

SariAgri - Pemanfaatan bantaran sungai Citarum untuk ditanami berbagai macam komoditas pertanian memberikan manfaat bagi warga sekitar. Sektor 7 Satgas Citarum Harum Subsektor Andir, Kabupaten Bandung bersama warga sekitar memanen bawang merah di Lahan Bios, Kecamatan Baleendah, bantaran Sungai Citarum.

Sebanyak 100 kilogram bawang merah berhasil dipanen dalam kegiatan ini. Dan Sektor 7 Satgas Citarum, Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, pihaknya bersama-sama masyarakat setempat ikut panen bawang merah agar masyarakat mendapat manfaatnya.

"Selain itu agar warga mau terlibat dalam menjaga lingkungan sekitar juga aktif dalam hal pemeliharaan sekaligus penanaman," kata Jefson.

Penanaman bawang merah yang dilakukan oleh Sub Sektor Andir di bantaran Sungai Citarum bukan hanya sekedar memanfaatkan dan menjaga aliran Sungai Citarum. Hal itu merupakan bagian dari program ketersediaan pangan yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat sekitarnya.

"Alhasil dari panen tanaman bawang merah ini dapat dinikmati langsung oleh masyarakat sekitar," ujarnya. 

Dalam waktu yang tidak lama lagi, lahan bantaran sungai Sub Andir ini juga akan melaksanakan panen kacang tanah. Beragam komoditas pertanian ditanam di lahan tersebut, mulai dari sayur-sayuran, palawija, tanaman obat, hidroponik, dan juga budi daya ikan.