Beragam Manfaat Daun Nilam yang Digunakan Sebagai Bahan Pengobatan

Ilustrasi daun nilam (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 15 Agustus 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Nilam merupakan salah satu tanaman yang diketahui berasal dari daerah Asia dan sering ditemui di Indonesia. Ia sering tumbuh di daerah yang dingin atau berada di kisaran 24 sampai dengan 28 derajat selsius. Ciri khususnya yaitu memiliki banyak cabang berbulu di sekitar batangnya, dengan tinggi berkisar 500 sampai dengan 1000 centimeter.

Batangnya sendiri terbilang cukup besar yaitu sekitar 20 cm dengan barna batang biru keunguan. Tanaman dengan nama lain Pogostemon cablin ini, ternyata dikenal memiliki banyak manfaat. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan minyak wangi hingga obat tradisional adalah daunnya.

Manfaat daun nilam dalam dunia kesehatan

1. Mengobati sakit kepala

Nilam adalah tanaman herbal yang mengandung senyawa, yang mampu meredakan sakit kepala berat hingga ringat seperti migrain. Caranya kamu bisa merebus daun nilam kemudian meminumnya secara rutin.

2. Mengatasi penyakit disentri

Disentri adalah penyakit dengan gejala diare, mual, muntah, demam, hingga keram perut. Selain dapat mengobati disentri, daun nilam juga dapat mencegah tubuh untuk terserang penyakit ini.

3. Mengobati bisul

Kandungan dari tanaman ini diketahui dapat mengobati dan meredakan penyakit bisul yang menyerang kulit. Caranya cukup dengan merebus daun nilam, lalu tumbukan daun tersebut dan balurkan ke area yang terkena bisul, diamkan hingga mengering.

4. Mengatasi rematik

Para lansia kerap mengalami rematik. Namun penyakit ini juga dapat menyerang anak muda bahkan anak-anak. Dengan cara meremas-remas akar tanaman nilam kemudian membalurkannya kebagian yang terasa sakit, maka rasa sakit perlahan mereda.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita selalu menjaga kesehatan ginjal agar tidak bermasalah atau terserang penyakit. Caranya dengan merebus daun ini dan mengonsumsi secara teratur.

6. Mencegah infeksi

Infeksi adalah kondisi di mana luka menjadi lebih parah dan semakin membesar atau memburuk. Kamu bisa mengatasi dengan daun nilam, dengan cara menggunakan daun nilam yang sudah diekstrak menjadi minyak atsiri. Lalu oleskan minyak nilam pada bagian yang terinfeksi, diamkan beberapa saat dan basuh hingga bersih.

7. Untuk menghilangkan jerawat

Kamu bisa menghilangkan jerawat yang membandel dengan memberikan masker daun nilam. Lakukan sesering mungkin, hingga jerawat mengering dan hilang.

8. Melancarkan buang air kecil

Tahukah kamu bahwa rebusan daun ini ternyata juga dapat mengatasi kesulitan untuk buang air kecil. Rutinkan konsumsi rebusan ini hingga kondisi semakin membaik.

Baca Juga: Beragam Manfaat Daun Nilam yang Digunakan Sebagai Bahan Pengobatan
Alasan Mengapa Skincare dengan Kandungan Mugwort Kini Banyak Dicari

9. Mencegah bau badan

Selain untuk kesehatan, rebusan air daun nilam juga dapat mengurangi masalah bau badan yang sering menjadi masalah kepercayaan diri. Kandungan minyak alami dari daun ini mampu membunuh bakteri penyebab bau badan sehingga kamu terhindar dari bau badan.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Senyawa yang terkandung dalam tumbuhan ini, diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu dengan mengonsumsi rebusan daun ini akan membuat tubuh semakin fit dan terhindar dari berbagai penyakit.


 

Video Terkait