Bisa Suburkan Tanaman, Ini 4 Manfaat Cangkang Telur yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Cangkang Telur (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 3 Januari 2023 | 20:00 WIB

Sariagri - Cangkang telur seringkali menjadi sampah organik yang terabaikan. Padahal, cangkang telur bisa berguna dalam urusan bercocok tanam, terutama untuk menyuburkan tanah.

Ketika tanah menjadi subur, maka tanaman pun akan tumbuh lebih cepat dan berkualitas baik. Lalu, apa saja manfaat cangkang telur? yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Menjadi pupuk alami

American Society of Plant Biologists mengungkapkan bahwa cangkang telur mengandung kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tanaman.

Caranya, hancurkan cangkang telur hingga menjadi bubuk, masukkan ke dalam air dalam wadah, lalu diamkan selama beberapa hari. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyiram tanaman.

2. Menyuburkan tanah dengan asam tinggi

Kita tahu bahwa kurangnya unsur hara dalam tanah dengan tingkat asam yang tinggi membuat tanaman akan sulit tumbuh subur. Karena itulah, cangkang telur bisa membantu menambah PH tanah supaya menjadi lebih basa. Dengan tanah yang tidak terlalu asam, tanaman akan lebih bernutrisi.

Caranya, hancurkan cangkang telur hingga menjadi bubuk lalu campurkan ke dalam tanah.

3. Menangkal hama dan masalah pada tanaman

Cangkang telur bisa digunakan untuk 'membersihkan' tanaman dari berbagai gangguan di sekitarnya seperti siput, kucing yang sering mematahkan batang tanaman, juga melindungi tanaman dari hama.

Baca Juga: Bisa Suburkan Tanaman, Ini 4 Manfaat Cangkang Telur yang Jarang Diketahui
Cangkang Telur, Limbah Ajaib yang Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga

Caranya, hancurkan cangkang telur menjadi remah-remah kecil, tebarkan ke tanah di sekitar tanaman.

4. Menjadi campuran dalam kompos

Dikatakan bahwa kalsium yang terkandung dalam cangkang telur dapat menambah tingkat kalsium pada kompos. Dengan demikian, tanaman akan memiliki dinding sel yang kuat.

Caranya, cuci cangkang telur hingga bersih lalu keringkan. Setelah itu, hancurkan hingga menjadi remah-remah kecil untuk dicampurkan ke kompos.