Jarang Dilirik, Yuk Intip Khasiat Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit

Bunga Calendula. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Selasa, 10 Januari 2023 | 18:30 WIB

Sariagri - Meletakan bunga atau tanaman hias di rumah tak hanya mempercantik tampilan hunian, tapi juga bisa memberikan manfaat kesehatan maupun kecantikan. 

Beberapa produk kecantikan bahkan mengandung ekstrak bunga calendula, yang merupakan tanaman herbal yang dikenal dengan nama pot marigold. Kelopak bunga calendula umumnya digunakan pada produk perawatan, misalnya toner, pelembab, dan serum.

Ingin tahu lebih dalam manfaat bunga calendula? berikut ulasannya.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat yang pertama adalah melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini lantaran fungsi antioksidan dalam calendula yang cukup tinggi. Calendula bisa masuk dalam rangkaian perawatan wajah sehari-hari demi kulit tetap kencang, kenyal, dan bebas kusam.

2. Mengatasi masalah jerawat

Mungkin kamu lebih mengenal tomat, mentimun, dan tea tree untuk mengatasi jerawat di kulit. Faktanya, kamu bisa loh mencoba skincare dengan kandungan calendula. Sebab, ekstrak bunga ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa melawan penyebab munculnya jerawat.

3. Menyembuhkan luka dan iritasi

Selanjutnya, bunga calendula bisa menyembuhkan luka atau iritasi pada kulit. Jika kamu mengalami luka seperti goresan kecil, gigitan serangga, luka bakar ringan, dan ruam, bisa coba diatasi dengan minyak calendula.

Baca Juga: Jarang Dilirik, Yuk Intip Khasiat Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit
Spesifikasi Bunga Azalea, Si Cantik yang Mampu Tumbuh di Daerah Kering

Sifat anti-inflamasinya dapat membantu kondisi semacam ini, ditambah dengan sifat regeneratif alami yang membuat calendula bisa diandalkan untuk luka ringan.

4. Menjaga kelembaban kulit

Penggunaan produk skincare dengan kandungan calendula dipercaya bisa membantu menghidrasi kulit sehingga tetap lembab. Ini sangat berguna untuk pemilik kulit kering karena membantu kulit selalu terhidrasi sepanjang hari, bahkan bisa membantu menyamarkan noda bekas luka.