Harga Bawang Merah & Putih di Pasar Tradisional Palembang Makin Melambung

Bawang merah di lapak pasar Palembang (SariAgri/Rio Pratama)

Editor: Arya Pandora - Rabu, 29 April 2020 | 15:30 WIB

SariAgri -  Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di sejumlah Pasar tradisional yang ada di Kota Palembang kini makin melambung. Per hari ini harga Bawang tersebut menyentuh Rp50.000 per kilogram (Kg).

“Ada kenaikan kalau untuk harga bawang merah dan bawang putih. Terakhir saya beli (bawang merah) di Pasar 26 Ilir Palembang per kilogram-nya itu seharga Rp50.000,” ujar seorang pembeli, Intan di Palembang, Rabu (29/8).

Ibu dua anak itu mengatakan, bahwa tidak begitu mengetahui apa penyebab harga bawang merah dan putih makin mahal. Pastinya, kata dia, harga bawang itu lebih mahal dibanding sebelumnya.

“Ya, kalau biasanya beli hanya berkisar Rp40 ribuan per kg. Kalau harga bawang putih tadi beli di pasar sekitar Rp36 ribuan per kilogram,” kata dia.

Hal senada dikatakan seorang pembeli lainnya, Yuyun. Dia mengatakan untuk harga bawang merah dan putih memang ada kenaikkan dibanding hari biasanya.

“Tadi beli bawang merah Rp50 ribuan di Pasar KM 5 Palembang. Mungkin karena bulan Ramadan atau mau lebaran makanya mahal, tapi tidak tau juga kalau persisnya kenapa,” tambah dia.

Baca Juga: Harga Bawang Merah & Putih di Pasar Tradisional Palembang Makin Melambung
Jelang Ramadan, Harga kebutuhan Pokok di Palembang Justru Turun

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Iwan Gunawan, menjelaskan bahwa memang ada kenaikan terhadap harga bawang merah dan putih di wilayahnya. Dia menyebut kisaran paling mahal sekitar Rp49.000 per kg dibanding sebelumnya seharga Rp47.000 per kg.

“Paling mahal untuk rata-rata harga bawang merah hari ini mencapai Rp49.000 per kg. Kalau harga bawang putih per kg sekitar Rp35.400 hanya naik 1,1 persen,” tutur dia. (Rio P/SariAgri Sumatera Selatan)

Video Terkait