Tanam Mangga Termahal di Dunia, Petani Ini Kerahkan 9 Anjing Penjaga

Petani di India tanam mangga Jepang super mahal.(Timesofindia)

Editor: Dera - Rabu, 23 Juni 2021 | 20:20 WIB

SariAgri - Petani di India menanam mangga Miyazaki, yaitu mangga Jepang yang dikenal langka dan super mahal. Diketahui, satu buah mangga Jepang bisa terjual dengan harga jutaan rupiah. 

Oleh karena itu, pasangan suami istri bernama Sankalp dan Rani Parihar mengerahkan sembilan anjing penjaga di kebunnya. Hal itu dilakukan agar tidak ada pencuri yang nekat mengambil buah tersebut. 

Menurut Times of India, pengamanan super ketat itu terpaksa mereka lakukan untuk menghindari pencurian, karena aksi pencurian itu terjadi tahun lalu saat sejumlah pohon mangga di perkebunan mereka mulai berbuah. Atas dasar itulah, mereka ingin memastikan buah-buah berharga itu aman dari upaya pencurian sepanjang tahun.

“Kami memiliki satu anjing tahun lalu, sekarang kami memiliki sembilan, enam adalah gembala Jerman dan tiga adalah breed lokal. Kami juga sudah menurunkan tiga satpam,” kata Parihar, seperti dilansir Sea Mashable.

Pasangan itu bercerita awal perkenalan mereka dengan mangga Jepang ini pada empat tahun silam. Mereka mengaku, seorang musafir telah menawari mereka pohon mangga selama perjalanan mereka ke Chennai untuk mencari jenis kelapa yang langka.

“Awalnya, saya tidak mengetahui jenisnya. Tapi begitu pohon-pohon itu berbuah, kami menyadari bahwa tanaman itu termasuk jenis yang langka,” kata Parihar.

Parihar mengaku beberapa pihak telah berniat membeli mangga Jepang premium mereka sekitar US$283,21 atau setara Rp4 juta per buah. Namun mereka menolaknya.

Baca Juga: Tanam Mangga Termahal di Dunia, Petani Ini Kerahkan 9 Anjing Penjaga
Ditawari Bibit Pohon di Kereta, Ternyata Saat Berbuah Mangga Langka Jepang

“Sampai saat ini kami belum ada rencana untuk menjualnya,” tambah Parihar.

Awalnya di perkebunan mereka hanya terdapat 50 pohon mangga Jepang, tetapi sekarang telah lebih dari 150 pohon.

Karena kelangkaan dan pola perawatan yang ekstra sulit, mangga Miyazaki punya nilai jual sangat tinggi. Tahun lalu, mangga Jepang ini di pasar internasional di bandrol seharga US$3.641 per kilogram atau sekitar Rp52 juta per kilogram.

Pada tahun 2019, sepasang mangga Miyazaki dilelang dengan harga US$4.529,03, memecahkan rekor sebelumnya senilai US$3.623,22 di pasar lokal di Jepang.