Coba Yuk, Tips Cantik Alami dengan Daun Mint

Ilustrasi daun mint. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 5 Agustus 2021 | 20:10 WIB

SariAgri - Daun mint tidak hanya berguna untuk memberikan kesegaran pada minuman teh. Tanaman yang memiliki aroma khas ini juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari Times of India, daun mint sarat akan nutrisi yang bermanfaat, di mana sifat antibakterinya yang kuat berfungsi sebagai pembersih, toner dan pelembab. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat daun mint tersebut.

Intip yuk, sederet manfaat daun mint bagi kecantikan kulit. 

1. Mengobati jerawat

Daun mint kaya akan asam salisilat dan vitamin A untuk mengontrol sekresi minyak sebum di kulit. Minyak berlebih pada wajah membuatnya lebih rentan terhadap jerawat.

Sifat anti-bakteri dan anti-jamur daun mint mencegah peradangan dan menyembuhkan jerawat. Caranya dengan mengoleskan pasta daun mint pada jerawat dan biarkan selama 15 menit hingga mengering. Selain jerawat hilang, pori-pori kulit pun menjadi bersih.

2. Menyembuhkan luka

Untuk menyembuhkan luka secara herbal dapat dibantu dengan daun mint karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. Selain luka, daun mint dapat menghilangkan gigitan nyamuk dan kulit gatal.

Caranya dengan mengekstrak jus daun mint dan mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi. Cara tersebut dinilai dapat membantu menyembuhkan luka dan menenangkan iritasi serta sensasi terbakar pada kulit.

3. Melembabkan dan mengencangkan kulit

Daun mint dapat bertindak sebagai zat ringan yang membantu mengencangkan kulit secara alami. Dia dapat menghilangkan kotoran dari pori-pori dan mengubah kulit menjadi kenyal dan terhidrasi dengan baik.

Selain itu juga bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan pencegahan kerutan serta garis halus. Caranya dengan mengoleskan masker daun mint pada wajah dan biarkan selama 20-25 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Coba Yuk, Tips Cantik Alami dengan Daun Mint
5 Khasiat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

4. Mengurangi lingkaran hitam

Antioksidan dalam daun mint bekerja dengan baik untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan pasta daun mint di atas lingkaran hitam dan biarkan semalaman.

5. Mencerahkan kulit

Sifat anti-septik pada daun mint membantu mencegah bintik-bintik dan ruam pada kulit akibat terpapar polusi. Selain itu juga mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Caranya, oleskan ekstrak daun mint ke kulit kusam. Ulangi proses ini sebulan sekali untuk hasil efektif.