Mengenal Zaitun Manis, Si Harum Semerbak yang Kaya Manfaat

Ilustrasi bunga zaitun manis. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 18 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Sariagri - Zaitun manis (Osmanthus fragrans) adalah tanaman perdu yang berasal dari keluarga Oleaceae (Zaitun). Flora yang banyak tumbuh di Jepang Selatan ini memiliki bunga yang sangat harum dan dimanfaatkan untuk membuat teh.

Menlansir The Spruce, pohon zaitun manis dikenal juga dengan sebutan zaitun teh, osmanthus manis dan zaitun harum. Semak cemara ini memiliki daun hijau yang mengkilap dengan bunga putih kecil berkelompok.

Teh dari bunga zaitun manis sangat disukai karena aroma bunganya yang semerbak. Aroma bunga zaitun manis sering disamakan dengan melati, bunga jeruk dan buah persik atau aprikot yang matang.

Ada sekitar lima belas spesies zaitun manis yang tumbuh di seluruh dunia,  beberapa di antaranya memiliki daun bergerigi atau bulat. Sebagian besar tumbuhan zaitun manis berasal dari Asia Timur dengan iklim subtropis.

Zaitun manis termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan minim perawatan. Di Habitatnya, mereka tumbuh dengan baik di wilayah pegunungan pada ketinggian 1.200-2.100 di atas permukaan laut. Flora ini juga tumbuh subur di pegunungan Himalaya dan menyukai tanah berkapur.

Penggunaan tanaman zaitun manis tidak hanya terbatas pada pembuatan teh saja, bagian lain yang bisa dimanfaatkan adalah buah mentahnya yang bisa diawetkan dalam air garam seperti buah zaitun lainnya.

Rebusan kulit batang zaitun manis dapat digunakan untuk mengobati penyakit bisul, sementara air rebusan akarnya dapat mengobati penyakit rematik, luka atau memar.

Baca Juga: Mengenal Zaitun Manis, Si Harum Semerbak yang Kaya Manfaat
Mujarab! 4 Tanaman 'Dokter' Ini Ampuh Usir Penyakit

Bagian yang paling banyak digunakan tentunya adalah bagian bunga. Selain teh, bunga zaitun manis dapat dibuat pasta yang manis dan wangi. Di Cina, bunga zaitun manis digunakan sebagai campuran obat-obatan herbal untuk menghilangkan rasa dan bau tidak sedap dari tanaman obat lainnya.

Minyak atsiri yang diperoleh dari bunga zaitun manis bisa digunakan sebagai penyedap rasa. Minyaknya mengandung hidrokarbon aromatik polisilat dan banyak digunakan untuk bahan kosmetik dan obat-obatan.

Video Terkait