Ini Dia Bunga Pukul Empat, Bunga Unik yang Hanya Mekar Pada Waktunya

Ilustrasi Bunga Pukul Empat. (Sariagri/Pixabay)

Editor: Reza P - Kamis, 11 November 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Pernah tidak Sobat Agri mendengar bunga dengan nama pukul empat? Baru mendengar namanya saja mungkin kamu sudah dibuat penasaran bagaimana bentuk dari bunga yang namanya unik ini.

Namun, sebenarnya bunga ini sudah banyak loh dijual, bahkan sudah banyak juga orang yang menanam bunga ini untuk menghiasi pekarangan rumahnya.

Oiya, bunga pukul empat sendiri memiliki nama lain, seperti Mirabilis Jalapa, Four O’Clock, Sweet Marvel of Peru, atau Printoponite. Nah, buat kamu yang masih penasaran sama bunga jenis ini, berikut beberapa fakta menariknya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Asal Nama yang Unik

Asal namanya sendiri adalah Mirabilis Jalapa, yang berarti mengagumkan dan merujuk pada daerah Jalapa di Guatemala. Kenapa di Indonesia banyak yang menamai bunga ini pukul empat, karena mengacu pada waktu mekar dari bunga ini, yang benar-benar pukul 16.00 hingga 18.00.

2. Tanaman Musiman

Meski mudah diurus dan mudah berbunga, namun tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman musiman. Jika pada musim berbunga, bunganya benar-benar lebat. Tingginya pun bervariasi, antara 50 cm hingga 100 cm. 

Umumnya, bunga pukul empat akan mekar pada bulan Juli hingga Oktober atau menjelang akhir tahun.

3. Bentuk Daun Bervariasi dan Kelopak Lekas Rontok

Uniknya lain yang bungan ini miliki adalah variasi bentuk daun yang berbeda-beda. Dari mulai linier sempit, oval, hingga berbentuk hati.

Baca Juga: Ini Dia Bunga Pukul Empat, Bunga Unik yang Hanya Mekar Pada Waktunya
Selain Cantik, Ini 7 Manfaat Bunga Telang

Untuk warnanya sendiri juga tidak kalah menarik, dari hijau keabu-abuan hingga hijau tua. Kamu juga bisa mendapati pinggiran daun yang berbulu, sehingga makin membuat penampilannya unik. 

Meski indah dan menarik, kelopak bunga ini cenderung gampang rontok. Dengan warna putih, pink, kuning, hingga magenta, lima kelopaknya serupa mahkota yang menawan.

Video Terkait