Mantap! Pemuda Ini Budidaya Kelengkeng Itoh Super, Sulap 1 Pohon Bisa Panen 100 Kg

Reza, petani muda budidaya kelengkeng Itoh Super (Youtube/Tanilink TV)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 13 November 2021 | 15:30 WIB

Sariagri - Tanaman kelengkeng umumnya di Indonesia berbuah secara alami di musim kemarau. Meski bentuknya serupa, ternyata kelengkeng memiliki berbagai jenis varietas. Salah satu jenis kelengkeng yang banyak diminati adalah jenis Itoh Super.

Reza selaku pembudidaya kelengkeng Itoh Super mengatakan ada berbagai macam keunggulan dari kelengkeng jenis satu ini, seperti daging yang tebal, berbiji kecil dan produktivitasnya tinggi untuk kebun komersil. Ia membudidayakan kelengkeng Itoh Super di Telaga Nursery yang berlokasi di Kecamatan Prambatanan, Kabupaten Klaten.

"Kita telaga nursery memang spesialis budidaya kelengkeng, terutamanya jenis itoh super. Kelengkeng jenis ini memang banyak dibudidayakan untuk kebun komersil," kata Reza, dikutip dari kanal Youtube Tanilink TV.

"Kelengkeng jenis lainnya masih kurang untuk kebun komersil. Nah kalau untuk kelengkeng Itoh Super dia sudah mempunyai kriteria buah-buah komersil," sambungnya.

Selain itu, Reza juga mengatakan kelengkeng itoh super juga memiliki keunggulan lainnya, yakni memiliki pohon yang pendek tapi berbuah lebat. Ia mengungkapkan bahwa kelengkeng jenis satu ini bisa menghasilkan 100 kg tiap 1 pohon.

Baca Juga: Mantap! Pemuda Ini Budidaya Kelengkeng Itoh Super, Sulap 1 Pohon Bisa Panen 100 Kg
Kantongi Omzet Rp20 Juta per Bulan, Ini Cerita Ardan yang Sukses Bertani Hidroponik

"Jadi rata-rata tinggi pohon Itoh Super sekitar 5-6 meter, produktivitasnya sudah berkisar 50 hingga 100 kg. Pohon yang pendek pun juga ada keunggulannya juga seperti biaya perawatan lebih ringan, perawatan juga lebih mudah dan kalau waktu pembuahan terserang hama kelelawar akan lebih mudah diatasi," pungkasnya.

Tak hanya memiliki daging yang tebal, kelengkeng Itoh Super juga punya tekstur kering, sehingga jangka waktu keawetan buah bisa lebih agak lama. Disamping itu, dari bibit hingga panen, Reza mengatakan kelengkeng Itoh Super sudah siap dipanen ketika berumur 2,5 hingga 3 tahun. 

Video Terkait