Kocak! Jalan Rusak Ditanami Pohon Pisang, Warga: Jika Bisa Hidup dan Berbuah Itu Rezeki

Jalanan rusak ditanami pohon pisang. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 16 November 2021 | 07:00 WIB

Sariagri - Jalan alternatif penghubung Kabupaten Jombang dan Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Kudu, Jombang mengalami rusak berat. Selain menjadi kubangan air saat turun hujan, kondisi jalan selebar 6 meter ini juga berlubang.

Akibatnya banyak kendaraan terutama roda dua yang terposok dan menyebabkan terjadinya  kecelakaan. Menurut Samsul Hadi, warga setempat sudah berulang kali meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan yang rusak. Namun hingga kini belum ada tanggapan serius.

“Sudah lapor mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga pemkab belum ada respon serius. seluruh badan jalan, rusak, bahkan di tengahnya terdapat lubang sedalam hampir 1 meter, sehingga menjadi kubangan air, “ kata salah seorang warga, Samsul Hadi kepada Sariagri, Senin (15/11/2021).

Samsul menambahkan agar tidak menimbulkan kecelakaan, warga menanam sejumlah pohon pisang di jalanan berlubang.

“Penanaman pohon maksudnya sebagai penanda ditengahnya berlubang biar pengendara motor tidak terperosok dan tergelincir. Tapi kalau kemudian pohon pisang itu malah hidup dan berbuah, ya itu rejeki warga sini, “ ujarnya setengah berkelakar.

Ia mengatakan kerusakan jalan ini sepanjang 1 kilometer, dengan lubang sebanyak 30 lebih. Diameter lubang bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1 meter.

“Lubangnya banyak, ada sekitar 30 titik. Lubang paling besar mencapai 1 meter. Sementara ini yang ditandai ada 5 lubang yang besar-besar dengan ditanami pohon pisang, “ imbuhnya.

Sementara itu, pengguna jalan asal Kabupaten Lamongan, Ibadur Rochman mengaku kerap melihat warga yang jatuh terperosok di jalan berlubang ini,

“Rusaknya jalan ini, kerap mengakibatkan kecelakaan terutama pengendara roda dua. Saya sering lewat sini hampir setiap hari, “ jelas pengguna jalan Ibadur Rochman.

Baca Juga: Kocak! Jalan Rusak Ditanami Pohon Pisang, Warga: Jika Bisa Hidup dan Berbuah Itu Rezeki
Guru Besar IPB Beberkan Kehebatan Tanaman Kelor yang Menakjubkan

Menurutnya para pengguna jalan, kerap melalui jalur ini karena untuk menuju ke Mojokerto dari Jombang, cukup cepat dan tak memutar.

“Kalau mau ke Mojokerto dari bojonegoro, jalur alternative paling cepat ya disini. Cuman kondisi jalannya rusak akibat hujan dan terlalu sering dilewati kendaraan berat. Kalau bisa segera ada perbaikan dari pemerintah agar kondisi jalan bisa kembali nyaman untuk dilintasi,” pungkasnya. 

Video Terkait