Bingung Obati Bekas Luka pada Kulit? Coba Deh 4 Bahan Alami Ini

Ilustrasi madu hitam (Foto:Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 23 November 2021 | 11:45 WIB

Sariagri - Memiliki bekas luka yang tak kunjung hilang lama-kelamaan bisa menggerus rasa percaya diri kita. Kulit tempat bekas luka tampak sangat menyedihkan dan sulit mulus kembali. Terlebih lagi jika bekas luka tersebut berada di daerah tubuh yang tidak selalu tertutup pakaian seperti punggung tangan, kening, atau betis.

Bekas luka tersebut bisa berbentuk macam-macam. Ada kulit menebal, ada yang berbeda dari warna kulit asli, atau menjadi lebih tebal dibandingkan kulit yang sehat.

Satu hal yang bisa dicoba adalah menggunakan bahan-bahan alami untuk obati bekas luka. Kekuatan bahan-bahan alami ini tidak perlu diragukan karena mengandung antiinflamasi.

Apa saja bahan alami yang bisa obati bekas luka pada kulit?

Lemon

Si kuning menyegarkan ini ternyata juga berkhasiat untuk obati bekas luka pada kulit. Iris lemon, lalu gosokkan potongan tersebut ke bagian bekas luka. Bilas dengan air dingin setelah itu didiamkan selama lebih kurang 10 menit.

Minyak kelapa

Kita bisa memanaskan beberapa sendok minyak kelapa lalu kita gunakan untuk memijat area bekas luka. Pemijatan bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam satu hari.

Kentang

Potonglah kentang berbentuk bulat sedang, kemudian gosokkan secara memutar pada bagian bekas luka sampai irisan kentang mengering. Lakukan selama lebih kurang 15 menit lalu istirahatkan selama 10 menit hingga mengering.

Madu

Sebelum tidur, oleskan madu pada bekas luka lalu tutup dengan perban semalaman. Esok paginya, buka perban lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Oleskan madu dengan rutin setiap malam untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Bingung Obati Bekas Luka pada Kulit? Coba Deh 4 Bahan Alami Ini
Benarkah Lemon dan Madu Bisa Obati Suara yang Hilang?

Bahan-bahan tersebut memang dikenal memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, juga antiseptik yang alami. Seperti halnya madu yang telah diakui dokter kulit di Amerika dapat menyembuhkan bekas luka menahun.

Agar kita mendapat hasil maksimal, tentu saja membutuhan ketelatenan dan kedisiplinan dalam mengobati bekas luka. Kita bisa memilih untuk melakukan salah satu di antara 4 tips di atas dengan rutin setiap hari agar bekas luka tak lagi mengganggu.

Video Terkait

 

Video Terkait