Ini Alasan Kenapa Konsumsi Cuka Apel Harus Dicampur Air

Ilustrasi cuka apel. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 7 Desember 2021 | 19:50 WIB

Sariagri -  Kerap dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, cuka apel belakangan ini menarik perhatian masyarakat sebagai bagian dari gaya hidup sehat. 

Tak heran jika harga cuka apel memang terbilang mahal. Sari buah apel yang difermentasi ini mengandung mineral seperti zinc, tembaga, mangan dan selenium.

Dalam 100 mililiter cuka apel terdapat energi 21 kkal, karbohidrat 0,93 gram, gula total 0,4 gram, kalsium 7 miligram, zat besi 0,2 miligram, magnesium 5 miligram, fosfor 8 miligram, kalium 73 miligram dan natrium 5 miligram.

Minuman ini berkhasiat menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, mengatasi sembelit, mengatasi diare, mengatasi obesitas, menyehatkan jantung dan sebagai obat psoriasis alami.

Lalu, kenapa konsumsi cuka apel harus dicampur air? 

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menurunkan berat badan perlu mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan segelas air. Larutan tersebut kemudian diminum sebelum makan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Konsumsi Cuka Apel Harus Dicampur Air
3 Fakta Menarik Apel Hitam, Salah Satunya Butuh Waktu 8 Tahun untuk Panen

Selain air putih, cuka buah ini juga dapat dicampurkan dengan teh atau salad. Pasalnya jika kamu menenggak langsung cuka apel tanpa mencampurkannya dengan apapun, dikhawatirkan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, esofagus atau kerongkongan dan lapisan perut.

Selain itu, konsumsi cuka apel secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Konsumsilah sewajarnya dan harus dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Video Terkait