Tips Anti Repot Mengusir Tkus Dari Rumah, Cuman Pakai 3 Bumbu Dapur Dijamin Tikus Kabur

Ilustrasi - Spesies curut. (wikimedia.org)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Jumat, 14 Januari 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Adanya tikus di rumah, tentu membuat kita merasa jengkel. Siapa sih yang tidak kesal, hewan pengerat satu ini masuk ke rumah tidak lain untuk mencari makanan, air, dan perlindungan dari cuaca.

Di sisi lain, hewan yang bisa dikategorikan hama ini tidak hanya merusak saja tetapi juga bisa membawa bibit penyakit dan bisa membahayakan kesehatan seisi rumah.

Melansir dari artikelnya Hunker, menurut Kari Warberg Block, pakar pencegahan hama serta pendiri dan CEO EarthKind, tikus bisa menjadi salah satu hama yang lebih sulit dikenali.

Nah, sebenarnya, kamu bisa dengan mudah mengusir tikus yang sudah terlanjur masuk rumah kok. Caranya kamu hanya memakai bahan-bahan alami ini untuk membantu mengusir tikus.

Melansir dari Hunker, ada tiga bumbu dapur yang ampuh untuk mengusir tikus dari rumah:

1. Kayu manis

Kayu manis termasuk bahan makanan yang sering digunakan oleh banyak orang. Jika manusia suka dengan aroma kayu manis, berbeda dengan tikus yang justru membencinya.

Cara penggunaan kayu manis untuk mengusir tikus pun cukup mudah, kamu hanya perlu menaruh bubuk kayu manis di lubang-lubang tempat tikus masuk ke dalam rumah atau tempat yang kamu yakini sebagai sarang tikus.

Baca Juga: Tips Anti Repot Mengusir Tkus Dari Rumah, Cuman Pakai 3 Bumbu Dapur Dijamin Tikus Kabur
Benarkah Lada Hitam Bisa Usir Tikus?

Kamu juga bisa meletakkan batang kayu manis di dalam lemari penyimpanan agar tikus tidak datang mendekat.

2. Paprika kering

Bubuk paprika memiliki aroma pedas yang dibenci oleh tikus. Kamu cukup taburkan bubuk paprika di celah-celah rumah yang dijadikan jalur masuk tikus atau di lokasi yang sering dilewati tikus.

3. Bawang putih

Taburkan bawang putih bubuk di lokasi di mana tikus sering terlihat. Selain berupa bubuk, kamu juga bisa menggunakan bawang putih yang sudah dikupas agar aromanya lebih tajam.

Letakkan bawang putih ke seluruh penjuru rumah yang rawan didatangi tikus agar hewan pengerat ini tidak mau datang lagi.

Video Terkait