Jenis Anthurium Jemani, Salah Satunya Ada yang Langka dan Mencapai Miliaran

Ilustrasi Anthurium Jemani Supernova (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 10 Mei 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Bercocok tanam masih menjadi tren yang banyak peminatnya hingga saat ini. Dari sekian banyak tanaman hias yang menjadi primadona, ada salah satu tanaman viral dan unik dan diburu ibu-ibu, yaitu Anthurium Jemani.

Anthurium Jemani adalah tanaman hias yang berasal dari spesies Araceae. Ia memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis anthurium lainnya. Namun hal ini tak mengurungkan niat para pecinta tanaman hias untuk memilikinya.

Hal ini dikarenakan anthurium jemani atau jenmanii memiliki tampilan daun tebal yang sangat kokoh, elegan, dan juga berwibawa.

Jenis-jenis Anthurium Jemani

Ciri-ciri khas dari anthurium jemani adalah tangkai daunnya yang sangat pendek daun sudah mulai melebar sejak pangkal daun, tepi daun bergelombang teratur, pangkal daun membentuk lipatan serta ujung daun lancip dan melengkung.

Jenis jenis anthurium jemani ada sangat banyak. Ia dibedakan menjadi beberapa jenis karena sudah banyak yang disilangkan. Ada beberapa jenis anthurium yang menjadi incaran bagi pecinta tanaman hias.

Dirangkum dari kanal YouTube SPP Channel, berikut jenis Anthurium Jemani:

1. Anthurium Jemani Cobra

Salah satu yang paling dikenal dan banyak dicari adalah jenis anthurium jemani cobra. Pasalnya anthurium yang satu ini bisa dibilang cukup langka karena sudah jarang orang yang membudidayakannya.

Ciri dari anthurium ini mempunyai bentuk bulat telur tetapi bagian yang lebar terdapat di ujung daun dan bagian atas, yang tampak seperti mulut ular cobra yang siap menyerang.

Sementara untuk ujung daun ini saling berhadapan ke dalam, tepi daunnya sangat bergelombang dengan tulang cabang teratur. Lalu di sepanjang tepi daun tanaman ini terdapat urat yang letaknya sejajar dengan daun. Tulang pinggir ini akan memperkuat daun, sehingga tidak mudah goyah.

2. Anthurium Jemani Jaipong

Selanjutnya ada jenis anthurium jemani jaipong. Anthurium ini memiliki bentuk yang unik dan cantik dengan daun yang cukup tebal dan kaku. Namun, bentuknya memanjang dan melengkung seperti sedang menari jaipong.

Biasanya anthurium ini banyak dibudidayakan, sehingga tidak mengherankan jika Anthurium Jemani Jaipong juga cocok untuk dijadikan lahan bisnis.

3. Anthurium Jemani Pagoda

Mirip seperti anthurium jemani jaipong, anthurium jemani pagoda memiliki daun yang tebal, keras dan kaku dengan tepi daun berlekuk sehingga terlihat sangat kompak.

Anthurium jenis ini memiliki bentuk daun seperti pagoda yang tersusun rapat. Susunan ini dimulai dari bawah hingga atas, serta membentuk gradasi ketinggian yang menarik dengan posisi saling menutupi.

4. Anthurium Jemani Tanduk

Lain halnya dengan anthurium jemani tanduk, anthurium ini memiliki bentuk daun yang menekuk tidak teratur. Ia terkadang ke kanan, namun juga kadang ke kiri dan bahkan ke bawah.

Bentuknya yang tidak beraturan ini membuat anthurium jemani tanduk mirip dengan tanduk binatang.

5. Anthurium Jemani Mangkok

Seperti dengan namanya, anthurium ini memiliki bentuk daun bulat cekung seperti halnya mangkok. Uniknya anthurium jenis ini punya keunggulan tersendiri, sebab ukurannya tidak terlalu besar, tetapi tetap gagah karena berdaun tebal dan kaku.

Jenis anthurium ini membuatnya sangat cocok diletakkan di ruangan yang tak terlalu besar.

6. Anthurium Jemani Sawi

Jenis anthurium ini sangat mirip dengan sayuran sawi. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya rapat di bagian bawah, dan renggang pada bagian tengah.

Sementara ukuran daunnya cenderung berbentuk elip dengan sedikit bergelombang di bagian tepinya sedangkan daun bagian bawah kecil dan membesar di bagian atas.

7. Anthurium Jemani Jungle Bosch

Dari sekian jenis anthurium jemani, jenis jungle bosch adalah jenis anthurium yang paling langka. Tanaman yang berasal dari negara Belanda ini, memiliki bentuk yang sangat gagah dan kokoh.

Baca Juga: Jenis Anthurium Jemani, Salah Satunya Ada yang Langka dan Mencapai Miliaran
Mengenal Anthurium Jemani King Cobra, Tanaman Hias yang Kini Banyak Diburu

8. Anthurium Jemani Supernova

Yang tidak kalah populer adalah anthurium jemani supernova. Ia termasuk tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak terlalu banyak membutuhkan air serta tahan hama.

Untuk harga, bisa dibilang jenis anthurium jemani termahal jatuh pada jemani supernova. Bahkan untuk jenis ini bisa dihargai Rp1 miliar. Meski begitu, tetap saja orang-orang terpikat akan daya tarik daunnya yang memberikan kesan kokoh dan juga elegan.