Meski Tak Populer, Buah Kecapi Punya Banyak Khasiat Luar Biasa

Ilustrasi Kecapi (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Sabtu, 30 Juli 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Di Indonesia, kecapi merupakan bukan tergolong buah yang populer dan masih sulit untuk ditemukan. Namun, faktanya buah yang bernama ilmiah Sandoricum koetjape ini menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Buah kecapi memiliki bentuk bulat seukuran buah apel, dengan daging buah berwarna putih sekilas mirip buah manggis yang bertekstur halus dengan rasa asam dan manis.

Dalam buah kecapi terkandungan nutrisi seperti, energi, protein, serat, kalsium, fosfor, besi, dan beberapa vitamin. Nah, biar gak penasaran lagi apa saja manfaat kecapi.

Berikut beberapa manfaat buah kecapi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan gigi

Rasa masam buah kecapi juga dapat merangsang produksi air liur, sehingga mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam mulut. Serta menurunkan risiko gigi berlubang akibat pengikisan lapisan email gigi yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

Dapat mencegah kanker

Vitamin B dan C pada buah kecapi merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang akan menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Selain itu, antioksidan yang berasal dari zat polifenol dalam buah kecapi mampu membantu mencegah kanker dengan menghambat pembelahan sel abnormal, dan pembentukan pembuluh darah yang akan menjadi jalur makanan menuju sel tersebut.

Juga kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, sehingga dapat memelihara kepadatan tulang agar terlindung dari risiko osteoporosis.

Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan pektin atau serat larut air dalam buah kecapi akan berikatan dengan low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat dan mencegahnya terbawa oleh darah. Sehingga dapat mengurangi resiko penyebab munculnya penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Baca Juga: Meski Tak Populer, Buah Kecapi Punya Banyak Khasiat Luar Biasa
Mengenal Nanas, Buah Tropis Kaya Nutrisi yang Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Mengatasi gangguan pencernaan

Serat buah kecapi dapat menjadi gel ketika dalam saluran pencernaan. Gel ini bisa membuat feses menjadi lunak sehingga lebih mudah saat dikeluarkan.

Gel serat buah kecapi juga termasuk probiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan peradangan secara alami.