Tak Hanya Indah, Ternyata Bunga Kamboja Menyimpan Segudang Manfaat

Ilustrasi bunga kamboja (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 5 Desember 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Bunga kamboja adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di Indonesia. Tampilannya indah memukau dan memiliki aroma yang sangat khas.

Namun sayangnya, makna bunga ini justru tidak seperti bentuknya. Pasalnya bunga kamboja kerap diidentikan dengan hal-hal mistis. Tak heran mengapa bunga ini sering terlihat di sekitar pemakaman.

Manfaat bunga kamboja untuk sembuhkan penyakit

Meski demikian, tak banyak yang tahu bahwa bunga ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya diyakini mampu menyembuhkan banyak penyakit.

Namun saat ingin mengonsumsinya, sebaiknya kamu menambahkan beberapa bahan lainnya agar obat herbal ini dapat bekerja lebih optimal. Dirangkum dari berbagai sumber, ini adalah manfaat bunga kamboja beserta cara membuat ramuannya.

1. Bisul

Cara pengobatannya sangat mudah. Siapkan daun kamboja secukupnya dan cuci hingga bersih. Setelah itu panaskan sampai daunnya lemas.

Jika sudah, olesi daun ini dengan minyak kelapa dan tempelkan pada kulit yang terdapat bisul. Cara lainnya, kamu bisa memanfaatkan bagian getahnya dengan mengoleskan langsung pada bagian bisul sebanyak dua kali sehari hingga bisul menghilang.

2. Disentri

Untuk mengobati sakit disentri, kamu harus membuat ramuan khusus dengan cara merebus air sebanyak 3 gelas, lalu masukkan 12-14 gram bunga kamboja yang sudah kering. Rebus hingga air tersisa hanya 1 gelas. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum secara teratur.

3. Gigi berlubang

Sakit gigi akibat gigi berlubang memang sangat menyiksa. Namun jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan getah tanaman kamboja dengan mengoleskannya pada kapas yang kemudian diletakkan pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak terkena gigi yang sehat.

4. Kaki bengkak dan pecah-pecah

Jika kaki terasa bengkak dan pecah-pecah, kamu bisa mengatasinya dengan bunga kamboja. Caranya rebus 1 potong kulit kamboja dengan 3 liter air sampai mendidih. Setelah hangat, rendamkan kaki ke dalam air rebusan tersebut untuk mengatasi kaki yang bengkak dan kulit pecah-pecah.

Baca Juga: Tak Hanya Indah, Ternyata Bunga Kamboja Menyimpan Segudang Manfaat
Tanaman ini Memang Mengeluarkan Aroma di Malam Hari Sering Dianggap Mistis

5. Tumor

Tak disangka, bunga cantik ini juga dapat mengobati tumor yang ada di dalam tubuh. Caranya yakni dengan menggiling kulit kayu kamboja hingga halus. Lalu tambahkan air secukupnya, aduk rata sampai teskturnya berbentuk seperti bubur. Setelah itu, tempelkan ramuan ini pada bagian yang ada benjolannya.

6. Kencing bernanah

Manfaat selanjutnya adalah mengobati kencing bernanah. Kamu cukup dengan merebus 1 potong akar kamboja dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Lalu saring air rebusan untuk kemudian di minum air secara rutin hingga sembuh.