Sawi Putih Miliki Khasiat Luar Biasa, Apa Saja?

sawi putih. (Foto: Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 5 Januari 2023 | 19:30 WIB

Sariagri - Makan sawi putih faktanya mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu karena sayuran satu ini kaya akan protein, serat, vitamin K, vitamin C, folat, mangan, vitamin B6, kalsium dan magnesium.

Selain itu, terdapat juga mikronutrien yaitu vitamin A, zat besi, dan riboflavin. Vitamin B6 dan folat di dalam sawi putih berguna menjaga metabolisme dan fungsi normal sistem saraf.

Dengan mengetahui banyaknya kandungan yang ada dalam sawi putih, itu tandanya mengonsumsi sawi putih dapat berkontribusi menjaga kesehatan tubuh.

Nah, dilansir dari Healthline, berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan jika mengonsumsi sawi.

Mencegah Osteoporosis

Ternyata sawi putih juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Di dalam tubuh, vitamin K ini punya andil besar untuk mengatur protein tulang dan menjaga kalsium.

Menjaga kesehatan jantung

Sawi putih nyatanya juga mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin. Antosianin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam famili flavonoid.

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara makan makanan yang kaya akan pigmen ini dan pengurangan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah studi termasuk 93.600 wanita, para peneliti menemukan bahwa mereka yang asupan makanan kaya antosianin lebih tinggi memiliki risiko serangan jantung yang jauh lebih rendah.

Meningkatkan asupan antosianin juga terbukti mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner. Antosianin yang ada di sawi putih bekerja sebagai anti peradangan sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Memperbaiki pencernaan

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan pencernaan, mengonsumsi sawi putih adalah solusinya. Sawi putih mengandung serat tidak larut. Ini menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menambahkan kotoran ke dalam tinja dan meningkatkan pergerakan usus secara teratur.

Di sisi lain, sawi putih juga kaya akan serat larut, yang berfungsi meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam usus. Bakteri ini melakukan fungsi penting seperti melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12.

Melawan Kanker

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat adalah vitamin yang larut dalam air yang melayani banyak peran penting dalam tubuh. Misalnya, diperlukan untuk membuat kolagen, protein paling banyak di dalam tubuh.

Kolagen memberi struktur dan kelenturan pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot, dan pembuluh darah dengan baik.

Selain itu, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi non-heme, jenis zat besi yang ditemukan dalam makanan nabati. Di sisi lain vitamin C ini juga telah diteliti secara ekstensif dapat melawan kanker potensial.

Baik Untuk Penyakit Ginjal

Sebagian besar sayuran hijau mengandung kalium tinggi. Padahal, bagi penderita ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium.

Baca Juga: Sawi Putih Miliki Khasiat Luar Biasa, Apa Saja?
Ada Baiknya Orang dengan Kondisi Ini Hindari Makan Sawi

Karena dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Tapi tenang saja, sebab sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah.

100 gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium atau sekitar 2 persen dari kebutuhan kalium harian. Konon katanya, jumlah ini lebih rendah dari kol, terong, mentimun, dan bayam.