5 Daftar Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi apel (Pixabay)

Editor: Rashif Usman - Rabu, 8 Maret 2023 | 16:00 WIB

Sariagri - Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi pada tubuh ketika kadar kolesterol di dalam darah telah melebihi batas normal. Penyakit ini kerap dianggap hanya menyerang kelompok usia lanjut. Padahal, penyakit ini juga dapat diderita oleh berbagai kalangan tanpa mengenal usia.

Penyakit kolesterol sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk konsumsi makanan berlemak tinggi. Oleh karena itu, penderita kolesterol perlu memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan, penderita kolesterol juga perlu mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi sebagai menu makanan sehari-hari.

Buah-buahan merupakan salah satu kelompok makanan sehat yang mengandung kaya akan nutrisi. Kandungan serat, vitamin, dan mineral yang terdapat pada buah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, berikut jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh pendertita kolesterol.

Apel

Apel menjadi salah satu buah favorit di kalangan masyarakat yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah ini mengandung zat beta-glucan yang dapat mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Apel juga bisa melindungi tubuh dari risiko serangan jantung dan stroke. Buah ini berfungsi sebagai sumber serat larut untuk menurunkan kolesterol dan mencegah gejala arteriosklerosis.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa flavanoid yang dapat menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

Konsumsi jeruk nipis dapat dilakukan dengan mengiris tipis dan menyeduhnya dalam gelas air panas selama 30 menit. Racikan jeruk nipis ini baik diminum sebanyak dua kali dalam sehari ketika pagi dan malam hari.

Semangka

Buah penurun kolesterol lainnya yaitu semangka. Selain dapat menghilangkan dahaga, buah ini juga dapat menurunkan kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh. Kandungan likopen pada buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang baik untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Alpukat mengandung beta-sitosterol atau lemak nabati yang dapat menurunkan kolesterol. Kombinasi zat ini dan lemak tak jenuh tunggal dapat mengobati kolesterol tinggi yang diserap dari makanan.

Baca Juga: 5 Daftar Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi
7 Daftar Buah Penurun Darah Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang digunakan sebagai penurun kolesterol yang paling ampuh. Senyawa likopen yang terdapat pada buah ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan vitamin B dan kalium pada tomat mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Berdasarkan jurnal Maturitas, tomat yang sudah dimasak dapat memberikan kandungan yang sama dengan obat penurun kolesterol. Selain itu, konsumsi tomat dalam jumlah banyak tidak memberikan efek samping, seperti lemas, sakit otot, hingga kerusakan saraf. (Sariagri/Nurma Wibi Earthany).