10 Manfaat Air Tebu Bagi Tubuh, Bisa Cegah Kanker Hingga Hilangkan Jerawat

Ilustrasi air tebu (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 11 November 2020 | 07:00 WIB

SariAgri - Tebu adalah tanaman rumput-rumputan yang memiliki 36 varietas dan tidak mengandung lemak. Tebu biasanya digunakan untuk bahan baku gula dan vetsin, bahkan kerap pula dijadikan minuman segar. 

Selain itu, tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, di Indonesia sendiri tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatera.

Melansir Healthifyme, air tebu memilki banyak manfaat bagi tubuh. Di mana 8 ons atau setara 240 ml air tebu (tanpa aditif) mengandung 250 kalori, dengan 30 gram gula alami. Air tebu tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, serat dan protein tetapi mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi.

Mengonsumsi air tebu sangat baik untuk kesehatan tubuh. di antaranya:

1. Penambah energi 

Penjual air tebu sering kali dijumpai di pinggir jalan di saat musim panas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena minum es tebu merupakan cara terbaik untuk memberi energi pada tubuh secara instan. Kandungan gula dalam tebu mudah diserap oleh tubuh dan mampu mengisi kembali kadar gula.

2. Meningkatkan fungsi hati

Tebu sebagai salah satu perawatan alami terbaik untuk penyakit yang berkaitan dengan hati seperti penyakit kuning dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, kalium, besi dan mangan yang tinggi membuat jus tebu bersifat basa. Sehingga kandungan flavonoid dapat membantu tubuh mencegah sel-sel kanker, terutama prostat dan kanker payudara.

4. Memperbaiki sistem pencernaan

Orang yang menderita gangguan pencernaan sebaiknya mengonsumsi tebu. Kalium dalam jus tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut, memfasilitasi sekresi cairan pencernaan dan menjaga sistem tetap pada jalurnya. Ini juga membantu mencegah infeksi perut.

5. Bermanfaat bagi penderita diabetes

Kandungan gula yang tinggi pada air tebu mungkin membuat para penderita diabetes khawatir jika mengonsumsi minuman ini. Tapi, dalam jumlah sedang, air tebu bisa bermanfaat bagi diabetes karena gula alami memiliki indeks glikemik rendah, mencegah lonjakan kadar glukosa darah.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Menjadi makanan alami rendah kolesterol, rendah natrium tanpa lemak jenuh, air tebu membantu menjaga ginjal dalam kondisi prima.

7. Meredakan nyeri akibat haid dan ISK

Dikonsumsi dalam bentuk encer, dengan air jeruk nipis dan air kelapa, jus tebu dapat membantu mengurangi pencegahan penyakit seperti infeksi saluran kemih (ISK), batu ginjal dan prostatitis.

8. Membantu perkembangan tulang dan gigi

Kandungan kalsium pada tebu juga dapat membantu perkembangan yang sangat baik terhadap sistem kerangka, tulang dan gigi.

9. Mencegah bau mulut dan kerusakan gigi

Tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, maka air tebu membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi serta mengatasi bau mulut yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tersebut.

10. Menyembuhkan jerawat

Penggunaan sari tebu secara rutin dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Air tebu mengandung asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam glikolat yang meningkatkan pergantian sel. Mereka juga mengelupas kulit, menghilangkan kemungkinan
penumpukan jerawat.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Tebu Bagi Tubuh, Bisa Cegah Kanker Hingga Hilangkan Jerawat
Kultur Jaringan Solusi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Caranya, campur sari tebu dengan Fuller’s earth (multani mitti) hingga menjadi seperti masker, oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 20 menit, kemudian cuci bersih dengan air dingin.

Sobat Agri, gula yang terkandung dalam sari tebu memang bersifat alami, namun perlu diingat bahwa pada dasarnya tebu tetap mengandung gula. Oleh karena itu, konsumsilah air tebu secukupnya dan tidak berlebihan. (SariAgri/ArlySalim)

Video Terkait