Madura Gelar Pameran Bonsai, Harganya Ada yang Mencapai Rp150 Juta

Pameran bonsai di Madura, Jawa Timur. (Sariagri/Arief L)

Editor: Dera - Senin, 6 Desember 2021 | 14:10 WIB

Sariagri - Ratusan pecinta bonsai meramaikan ajang kontes dan pameran di Alun-alun Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kegiatan yang digelar Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) ini memamerkan 430 tanaman bonsai lokal berbagai jenis dan ukuran. 

Acara ini bertujuan membangkitkan kembali gairah penjualan tanaman hias, terutama tanaman bonsai. 

“Selain kontes dan pameran, ratusan tanaman kerdil ini juga dijual kepada para pecinta bonsai yang datang ke lokasi. Bahkan pembeli juga boleh belajar merawat bonsai langsung dari para ahlinya di sini, “ kata salah satu panitia pameran bonsai, Ahmad Efendi. 

Selain itu, acara tersebut juga dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antar pecinta bonsai yang sempat terputus komunikasi akibat pandemi COVID-19.

Pameran ini, imbuhnya, menjadi jembatan untuk saling berbagi tips dan trik dalam mendongkrak penjualan antar pemilik bonsai di tengah lesunya pasar tanaman hias.

“Alhamdulilah bersyukur, akhirnya kembali digelar acara pameran dan silaturahim antar pemilik tanaman hias bonsai yang ada khususnya di Madura. Acara ini bisa punya peluang gairah kembali dalam menjual bonsai yang sempat lesu karena pandemi berkepanjangan, “ ungkap salah satu pemilik usaha tanaman bonsai, Syafi’i.

Dalam ajang kontes, Syafi’I menyebut ada tiga kelas yang dipertandingan, yaitu, kelas pemula, prospek, setengah jadi dan bonsai jadi. Dari masing-masing kategori tersebut, dipilih tiga yang terbaik.

Selain itu, ia mengatakan setelah mengikuti pameran dan perlombaan, setiap pemilik juga bisa menjual bonsainya. Dalam acara tersebut, salah satu bonsai jadi yang terpilih menjadi juara yang dihargai Rp150 juta.

Baca Juga: Madura Gelar Pameran Bonsai, Harganya Ada yang Mencapai Rp150 Juta
Bisa Dicoba, Begini Cara Mengemas Tanaman yang Akan Dikirim Supaya Aman Sampai Tujuan

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan Pameran Bonsai Lokal di Taman Paseban, Alun-alun Kabupaten Bangkalan dapat menambah potensi ekonomi yang menjanjikan.

"Kami selaku pemerintah daerah tentu sangat mendukung pameran bonsai ini. Pameran bonsai ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang. Bagi pecinta bonsai, ini juga merupakan aktivitas penuh estetika dan cita rasa seni yang jika ditekuni akan bernilai ekonomi, terlebih di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang," ungkap Bupati.

Video Terkait