Seniman Asal India Ciptakan Tas Mewah dari Kulit Jeruk

Tas mewah yang terbuat dari kulit jeruk. (Foto Istimewa)

Penulis: M Kautsar, Editor: Nazarudin - Senin, 10 Januari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Omar Sartawi, seniman makanan dan ahli gastronomi molekuler, membuat tas tangan dari kulit jeruk. Dalam teknik yang ia sebut “'fabrikasi digital", ia menggunakan kulit buah dan laser untuk membuat bahan yang dapat dicetak untuk membuat barang mewah.

Mengutip Indian Express, Minggu (9/1) proses pembuatan tas mewah ini memerlukan waktu sekitar 2 minggu hingga selesai dan dapat digunakan. Proses pembuatan tas mewah ini pun diperlihatkan oleh Sartawi melalui sebuah video singkat.

“Salah satu hal yang sedang saya kerjakan adalah mengolah kulit buah dan sayuran dengan cara baru, untuk dijadikan bahan ramah lingkungan, hingga menjadi barang mewah," kata dia dalam video tersebut. 

"Kami dapat menciptakan produk mewah dengan desain modern melalui teknologi yang tersedia. Saya menggunakannya dalam mode, aksesori, tas kelas atas, dan furnitur,” katanya.

Baca Juga: Seniman Asal India Ciptakan Tas Mewah dari Kulit Jeruk
Jeruk Daysindo, Varietas Unggul Baru yang Punya Rasa Manis dan Daya Simpan Lama

Ini bukan pertama kalinya Sartawi menggunakan buah atau sayuran untuk membuat produk. Proyek sebelumnya termasuk membuat masker dari kulit terong. Karya seninya yang besar dan banyak dipuji berjudul, 'Di Tanah Tanpa Domba: Metamorfosis Tenda Pengembara' dibuat oleh 400 terong besar.

Di dunia, di mana mode dikritik karena dampak lingkungan yang berbahaya, produk yang terbuat dari bahan organik menunjukkan kepada kita pilihan alternatif mode berkelanjutan.

 

Video Terkait