5 Jenis Tanaman Ini Mampu Bersihkan Udara di Rumah

Tanaman bunga Peace Lily.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 14 Januari 2022 | 17:20 WIB

Sariagri - Pandemi COVID-19 membuat sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Saat berada di rumah, orang membutuhkan udara segar yang bisa didapatkan dengan menanam tanaman hias.

Menanam tanaman hias di rumah bisa membantu mendapatkan udara segar sehingga tidak perlu sering ke luar rumah. Untuk menghilangkan racun dari udara, tanaman berdaun besar bisa dijadikan piihan. Semakin besar daunnya, semakin besar pula kemampuannya untuk menjernihkan udara sekitar. 

Berikut lima daftar tanaman hias yang bisa membersihkan udara seperti dilansir The Spruce:

1. Golden Pothos

Golden pothos merupakan tanaman hias dengan daun berbentuk hati. Memiliki nama latin Epipremnum aureum, tanaman hias rambat dan gantung ini mampu memberikan kelembapan udara yang sangat baik. 

Selain itu golden pothos dianggap mampu menghilangkan polutan dalam ruangan seperti benzema, xilen, formaldehida dan karbon monoksida. Menariknya, tanaman hias ini cukup mudah dalam perawatan. Golden pothos mampu bertahan meski jarang disiram.

2. Ficus

Tanaman hias ficus dikenal sangat efektif untuk menjaga kelembapan udara dalam ruangan. Selain itu, daun tanaman ficus memiliki daun rimbun yang menjadi daya tarik tanaman ini. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang baik. Selain sinar matahari yang cukup, tanaman ini juga membutuhkan penyiraman rutin.

3. Lidah Mertua

Snake plant atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua memiliki bentuk daun lebar dan panjang. Tanaman ini membantu menghasilkan udara berkualitas dan sejuk. Selain itu, tanaman lidah mertua melakukan pelepasan oksigen pada malam hari sehingga cocok diletakkan di kamar tidur karena bisa membantu membersihkan udara.  

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Ini Mampu Bersihkan Udara di Rumah
Menengok Pusat Pembibitan Bonsai di Bantul, Hapus Stigma Perusak Hutan di Bisnis Miliaran

4. Peace Lily

Peace lily cocok bagi pemula yang ingin menanam tanaman hias. Bunga lily memiliki bentuk bunga yang mekar dan menyerupai bunga bakung. Tidak hanya bentuknya yang indah, bunga lily mampu menyejukkan udara dan menyerap racun.

5. Zz Plant

Zz plant atau yang dikenal sebagai pohon zamrud memiliki cabang kuat dengan daun tebal dan berlilin. Tanaman hias ini bisa menampung banyak air dan cukup tahan terhadap kekeringan. Keistimewaan tanaman hias zz plant memiliki stomata kecil yang dikenal mampu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Tak heran jika tanaman ini menghasilkan udara sejuk. 

Video:

Video Terkait